Ternak dan Jual Kroto, Ulat Hongkong dan Jangkrik

Sunday, January 17, 2016

Sekilas Tentang Kroto UKJ

Kroto UKJ (usaha peternakan semut Kroto, Ulat hongkong, Kelabang dan Jangkrik) merupakan anak perusahaan dari Warugha Zhunnda. Peternakan semut rangrang (kroto) dimulai sejak tanggal 4 Puasa (21 Juni 2015), dan sekarang sudah berjalan hampir 7 bulan. Ini adalah ternak pertama kami. Alhamdulillah semut rangrang sudah bertambah banyak. Kami masih terus berkonsentrasi untuk terus memperbanyak ternak semut rangrang, sebelum dipanen krotonya.

Kami tidak memaksakan diri untuk segera memanen kroto, meskipun pada saat harganya tinggi. Tapi kami lebih memperhatikan pada kondisi semut rangrang hingga betul-betul siap untuk dipanen secara rutin. Yang kami utamakan adalah bagaimana memelihara semut rangrang dengan baik dan maksimal, sehingga memenuhi syarat untuk bisa dipanen.

Ternak kedua kami adalah ternak ulat hongkong yang dimulai sejak Oktober 2015, dan sekarang sudah berjalan hampir 3 bulan. Ternak ulat hongkong juga tidak jauh berbeda dengan ternak semut rangrang. Kami lebih mengutamakan bagaimana memelihara ternak dengan baik dan maksimal, supaya hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan. Untuk ternak ulat hongkong ini bisa dibilang jangka menengah untuk menuju panen. Kurang lebih 2 bulan lagi, ternak ulat hongkong sudah bisa dimulai panen perdana.

Ternak yang ketiga adalah ternak jangkrik yang dimulai hari ini, tanggal 17 Januari 2016. Ternak jangkrik ini bisa dibilang jangka pendek, karena masa produksinya yang relatif pendek jika dibandingkan dengan ternak semut rangrang dan ternak ulat hongkong. Jadi dari mulai ternak, sekitar 2 bulan ke depan sudah bisa dimulai panen perdana untuk dijual. Meski begitu, kami tetap memperhatikan perawatan jangkrik dengan baik supaya hasil panennya juga baik dan kualitas panennya juga baik.

Dari ketiga usaha diatas, kami lebih mengutamakan pemeliharaan dengan baik dan maksimal, sehingga layak untuk dipanen dan tentunya kualitasnya juga baik.

Peternakan kelabang adalah agenda usaha kami kedepannya. Kami terus berusaha untuk memaksimalkan ketiga usaha dulu, kemudian menambah usaha ternak kelabang.

Itulah sekilas tentang usaha Kroto UKJ dalam bidang peternakan yang kami jalani.

0 komentar:

Post a Comment

© Kroto UKJ Panjalu, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena